JAGAD ANIMASI

smk negeri 5 malang

Industri Animasi Bisa Tambah Pundi-pundi Devisa RI

Posted by jagadanimasi pada Juni 12, 2009

sumber:  Suhendra -www.detik.com

Jakarta – Industri berbasis animasi (film kartun) Indonesia berpeluang menjadi sumber devisa negara yang potensial. Saat ini banyak tenaga-tenaga ahli animasi Indonesia yang dipakai atau bekerja di negara-negara industri animasi seperti Jepang. Bahkan tak jarang order produk animasi dari luar dikerjakan di dalam negeri.
 
“Indonesia berpeluang besar dalam mengembangkan film animasi sebagai salah satu dari industri kreatif penghasil devisa,” kata Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian Budi Darmadi dalam acara seminar Animasi di Departemen Perindustrian, Jakarta, Kamis (4/6/2009).
 
Menurut Budi, pengembangkan industri animasi Indonesia masih harus terus ditingkatkan. Saat ini, kata dia, Indonesia banyak memiliki tenaga animasi yang kreatif dan mampu menghasilkan produksi animasi yang berkualitas global.
 
“Industri animasi kita termasuk kontennya telah melakukan kerjasama produksi dan berkolaborasi dengan perusahaan industri animasi luar negeri,” jelasnya.
 
Meski harus berorientasi ekspor, saat ini pengembangan industri animasi Indonesia yang berbasis tokoh (konten)lokal harus dikembangkan. Ini agar Indonesia memiliki tokoh idola kartun yang bisa di sejajarkan dengan tokoh-tokoh kartun asing lainnya seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Popeye, Doraemon dan lain-lain.
 
“Selama masih ada bayi yang lahir di dunia ini, selama itu pula film animasi masih dibutuhkan,” jelasnya.
 
Budi menambahkan, di negara-negara maju seperti AS, Jepang, Inggris, dan Korea, industri kreatif animasi sangat didukung oleh pemerintah. Karena sektor ini cukup tinggi menghasilkan devisa dan sangat minim menggunakan sumber daya alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: