JAGAD ANIMASI

smk negeri 5 malang

Profil

jagad animasi

PROFIL PROGRAM KEAHLIAN ANIMASI

Program Keahlian Animasi  merupakan salah satu dari 8 program keahlian yang ada di SMK Negeri 5 Malang. Mulai di buka pada tahun pelajaran 2005/2006. Berawal dari kepekaan melihat peluang pasar kerja, bahwa industri animasi kedepan akan menjadi industri yang banyak diminati, sementara saat ini belum ada institusi pendidikan yang mulai menyiapkan sumber daya manusianya, maka dibukalah Program Keahllian animasi di SMK Negeri 5 Malang.

Program Keahlian Animasi SMK Negeri 5 Malang memberikan Pendidikan dan Latihan pada peserta didik sesuai perkembangan kebutuhan tenaga madya yang terampil di bidang animasi, dengan mata diklat Dasar Kejuruan Animasi sebagai dasar bagi peserta didik agar mampu dan menguasai kompetensi dasar seperti Nirmana Datar dan Nirmana Ruang, Menggambar Dasar, Wawasan Seni dan Animasi serta  mata diklat Kejuruan Animasi baik animasi 2 dimensi , animasi 3 dimensi, animasi stop motion ataupun animasi eksperimental.

Dengan menerapkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan ( KTSP ) mulai tahun pelajaran 2007/2008, diharapkan kedepan Program Keahlian Animasi SMK Negeri 5 Malang akan mempunyai kekhasan dalam mendidik siswa-siswinya untuk disiapkan menjadi :

  • Animator  2 D / 3 D
  • Editing Film / Editor
  • Design Graphis
  • Ilustrator
  • Komikus
  • Karikartunis
  • Scripwriter
  • Keydrawing
  • Inbetweener

Dengan didukung tenaga pengajar produktif dari disiplin ilmu seni rupa dan animasi, yang juga secara berkelanjutan mengembangkan ilmunya, dan berusaha selalu mengikuti perkembangan dunia animasi global.

VISI DAN MISI

 PROGRAM KEAHLIAN ANIMASI

  Visi

Terwujudnya pelatihan kejuruan di Program Keahlian Animasi yang mampu memanfaatkan teknologi animasi, informasi dan komunikasi guna menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, kompeten, berdaya saing tinggi dan berbasis keunggulan lokal serta berwawasan global dengan berlandaskan iman dan taqwa.

 Misi

1.  Meningkatkan kompetensi di bidang  Animasi.

2.  Melaksanakan pendidikan dan pelatihan Animasi berbasis kompetensi dengan memanfaatkan teknologi animasi, informasi dan komunikasi.

3.  Mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan  program keahlian Animasi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan dunia usaha / dunia industri.

4.  Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha / dunia industri dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di bidang Animasi.

 
%d blogger menyukai ini: